Selasa, 09 Agustus 2016

Buka Bersama CNI dan Ngeblogpreneur

Langit cerah di senja menjelang berbuka puasa. Ahad, 12 Juni 2016, saya berkesempatan ikut Buka Bersama, Bukber bersama CNI. Buka puasa bersama kali ini bukan hanya sekedar berbuka, tetapi sekalian mendapat ilmu Blogpreneur dari dua blogger keren, Teh Ani Berta dan Mbak Haya Aliya Zaki.


Bertempat di Cassadina Kitchen & Bakery, kawaan Rasuna Said Kuningan, Jakarta, saya bertemu dengan banyak teman blogger untuk sama-sama menimba ilmu blogpreneur. Suatu wawasan bagaimana dengan ngeblog bisa mendapat penghasilan. Blogpreneur, dengan ngeblog secara profesional dapat menghasilkan banyak pendapatan atau pundi-pundi uang.


Untuk dunia blog, kiprah Teh Ani dan Mbak Haya tak dapat diragukan lagi keahlian mereka dalam mengelola blog menjadi suatu mata pencaharian. Maka, saya pun tak bosan mengikutinya untuk menambah wawasan dan pengetahuan. 







Acara dibuka oleh Gusti Alendra, dari CNI. Bicara CNI, maka akan mengingatkan pada legenda MLM, Multi Level Marketing. Perusahaan ini menjadi pendobrak sistem penjualan dengan MLM. Seiiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, CNI pun bersinergi dengan teknologi. Salah satu sistem penjualannya secara online adalah afiliasi. Bagi blognya yang sudah berafiliasi dengan website CNI dan menghasilkan transaksi jual beli, maka blog tersebut akan mendapatkan keuntungan.

Demikian salah satu potensi dalam menjalankan blog secara profesional dengan pengelolaan yang baik, maka untuk mengetahui lebih dalam tentang blogpreneur, senang sekali saya bisa mengikuti buka puasa bersama CNI.

How To Be Blogpreneur

Dalam dunia blog, siapa saja dapat ngeblog, tanpa melihat umur atau status pendidikan, yang penting punya blog dan mengisi blognya dengan tulisan, foto atau video. Teh Ani menyebutkan modal dasar sebagai blogpreneur, yaitu: 1) kemampuan menulis dan bisa mengoperasikan internet serta platform blogDalam ngeblog, 2) Hak cipta akun, dengan memiliki akun di sosial media milik pribadi, 3) inventaris blogger, alat yang biasa digunakan blogger untuk bekerja, seperti laptop, smartphone, kamera, tripod, dan modem. 4) marketing dan portofolio.

Untuk membangun blog, bisa dengan memilih niche blog sesuai dengan kepribadian blogger. Hal tersebut untuk memudahkan blogger dalam membrandingkan blog dengan identitas diri bloggernya. Hal yang paling penting dalam ngeblog adalah rutin ngeblog, ini menjadi suatu kebiasaan yang membuat pola sebagai bagian dari rutinitas.

Kegiatan rutin dalam mengisi blog, bisa disertai dengan blogwalking dan memberi komentar di blogg lain. Dalam hal blogwalking, secara jujur saya masih kurang dan butuh semangat yang tinggi. Namun demikian, hal tersebut tetap harus berubah dan mengaplikasikannya dengan blogwalking.

Setelah detail menyimak penjelasan Teh Ani, kami pun mendengarkan suara merdu dari artis cantik Windy Ghemari. Suaranya yang khas telah mengisi hari-hari saya dalam nyanyian lagunya, Masih Mencintamu.

Pada sesi berikutnya, Mbak Haya mengajak kita untuk bisa memperdalam konten blog, baik melalui tulisan, foto maupun video. Karena Mbak Haya memiliki passion pada bidang kesehatan, maka niche blognya sebagai blog kesehatan. Mengisi blog kesehatan, terbayang dengan berbagai istilaha kesehatan, kedokteran dan farmasi yang kurang familier. Di sinilah seorang blogger bagaimana dalam menyampaikan wawasan kesehatannya dengan sederhana dan mudah dicerna oleh para pembaca.

Ngeblog kesehatan sangat membutuhkan data dan teori yang jelas. Untuk itu, dalam ngeblog tentang kesahatan tidak boleh sembarang, harus ada referensi yang jelas dan dapat dipercaya. Ada beberapa hal yang harus diperhatkan dalam ngeblog, yaitu 1) memiliki data sumber, 2) tempat yang nyaman ketika wawancara, 3) memerhatikan keadaan narasumber, jangan sampai memaksakan diri dalam menggali informasi, 4) komunikasi persuasif dan efektif ketika wawancara.

Saya melihat bahwa menjadi blogger, seperti sedang wawancara penelitian atau wartawan. Setelah selesai proses wawancara dan referensi data ada, kemudian menuangkannya dalam tulisan. Di sini Mbak Haya paparkan beberapa tips menulis secara soft selling, yaitu gunakan kalimat pembuka yang tepat, menulis hal yang bermanfaat dan menulis dengan persuasif.

Setelah menyimak diskusi dari Teh Ani, Mbak Haya, dan Mas Niko tentang seputar blogpreneur dan CNI, serta mendengarkan lagu Windy Ghemari, maka semakin lengkap dengan berbuka bersama dan bercengkrama dengan teman blogger lainnya. Buka Bersama CNI, mendapat ilmu dan mengembangkan pertemanan.  



 

1 Comments: